Rempah-Rempah

Jahe

Bumbu dapur ini punya keistimewaan yaitu dapat memberi rasa hangat, aromanya kuat dan menyegarkan. Jahe biasa digunakan untuk mengobati sakit kepala hingga nyeri haid pada wanita. Jahe bisa diaplikasikan untuk beberapa pengobatan, salah satunya dibuat ramuan atau minuman. Di campur dalam teh hangat, bisa juga diseduh dengan air panas dan madu. Sensasi hangat yang didapat dari jahe dapat menghangatkan badan dan membuat keringat keluar sehingga badan lebih segar. Potong satu ruas jahe ukuran sedang, tambahkan air panas, teh, madu dan jeruk nipis. Biarkan hangat lalu segera diminum. Pengobatan tradisional ini juga bisa digunakan untuk memulihkan stamina.

Bawang putih

Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih. Tak hanya menyedapkan, karena khasiat bawang putih juga menyehatkan tubuh. Di dalamnya mengandung anti bakteri dan anti parasit sehingga menguntungkan tubuh. Beberapa penelitian pun telah membuktikan, bahwa bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol, tekanan darah sampai obat pencegah kanker.  Rutin mengkonsumsi setengah siung bawang putih dipercaya dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Jika ingin lebih ampuh lagi, bisa mencobanya dengan memakannya mentah.

Kunyit

Warna oranye khasnya biasa digunakan untuk memberi warna masakan, tapi tahukan Anda bahwa kunyit berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menjadi agen anti inflamasi. Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang mengandung antioksidan tinggi yang diteliti ternyata mampu menangkal tumor. Tak hanya itu saja, kunyit juga dipercaya ampuh mengobati radang sendi dan otot.

Kayu manis

Aroma kayu manis sangat khas, sehingga sering digunakan untuk menyedapkan masakan. Untuk kesehatan kayu manis bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula pada darah. Menurut para pakar, kayu manis juga mampu mendetoksifikasi sistem dan fungsi otak. Sifatnya yang seperti agen antiseptik berkhasiat memerangi infeksi saluran kemih. Kayu manis bisa dinikmati dengan berbagai cara, salah satunya menambahkannya pada minuman atau masakan.

Kapulaga

Rasa dan aroma kapulaga sangat khas. Rempah tradisional ini bisa dimanfaatkan untuk melancarkan sirkulasi darah termasuk memberi tambahan energi, menyegarkan napas, meningkatkan pencernaan, memberi sensasi agar suasana hati lebih tenang. Bahkan ada juga yang mempercayai kapulaga bisa digunakan untuk meningkatkan libido.

Rosemary

Herbal yang satu ini termasuk rempah dapur yang bisa digunakan untuk kesehatan. Rosemary mengandung minyak atsiri yang dapat merangsang aktivitas otak, juga meningkatkan kewaspadaan. Sama seperti kapulaga, rosemary juga bisa membuat mental semakin tajam. Rosemary bisa dinikmati dengan mencampurkannya pada minuman, seperti teh atau pada masakan.

Cengkeh

Aroma cengkeh yang pedas dan segar ternyata bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Cengkeh yang dikonsumsi langsung atau dikunyah mentah berkhasiat untuk meredakan sakit gigi, sakit tenggorokan, diare, kram perut dan juga menyegarkan napas.

Meski aneka rempah diatas bermanfaat bagi tubuh, ada yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsinya. Pasalnya ada beberapa rempah seperti bawang putih dan jahe memiliki sifat pengencer darah alami, yang tidak bisa dikonsumsi sembarangan orang. Oleh karena itu sebelum mengkonsumsinya Anda konsultasikan pada dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda..